Refleksi dan Saran dari tiap-tiap anggota

  1. Abraham Wijaya

            Saya pribadi memiliki pikiran yang lebih terbuka terhadap perbedaan-perbedaan yang saya hadapi, terutama dalam hal agama. Melalui wawancara ini, saya memiliki semangat untuk dapat menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada dengan tidak menyebarkan isu isu atau hal-hal yang sifatnya merusak sebuah persatuan. Tetapi, saya akan memberikan pengertian tentang pentingnya hidup beragama melalui agama masing-masing. Yaitu berfokus kepada kebenaran bukan terhadap perbedaan persepsi agama.

Saya menyarankan untuk tidak mudah percaya dengan isu-isu tentang agama yang beredar, tetapi carilah dulu kebenarannya

 

Soni Suwarto

            Setelah menginterview beberapa tokoh agama, sayapun sadar bahwa setiap agama itu memiliki tujuan yang sama. Yaitu membimbing setiap umat yang beragama untuk melakukan hal yang benar. Akan tetapi, ada beberapa oknum yang melakukan perbuatan-perbuatan yang menurutnya itu benar. Tetapi, mereka tidak melakukan kebenaran yang sesungguhnya. Karena mereka hanya bertindak menurut persepsinya sendiri. Jadi, sayapun tidak mudah terpengaruh terhadap isu-isu tentang kerusakan sebuah agama. Tetapi saya mencari dahulu kebenarannya sebelum menyatakan hal tersebut sebagai kebenaran.

Saya menyarankan untuk tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu dan berita-berita agama yang tidak bertanggung jawab, lebih baik kita memperdalam iman dan kepercayaan kita, serta jangan lupa untuk selalu mencari faktanya terlebih dahulu

 

Satria Hanafi Rusli

            Setelah berbicara dengan para tokoh agama, saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai fundamental dari setiap agama yang kami bahas. Pengetahuan ini telah membuka wawasan saya mengenai pentingnya dan indahnya toleransi antar umat beragama. Anggota kelompok kamipun akur walaupun ada perbedaan dalam kepercayaan, yang pada akhirnya memungkinkan proyek ini tanpa perseturuan.

Saya menyarankan untuk memperdalam dan memperluas kebutuhan akan pengetahuan agama bagi semua kalangan

 

Dionisius Saviordo Thenuardi

            Setelah berbincang-bincang dan bertukar pikiran dengan para tokoh agama, saya pribadi menjadi lebih toleran terhadap perbedaan-perbedaan yang ada pada setiap agama di Indonesia. Saya menyadari bahwa tujuan setiap agama ialah sama yaitu untuk membimbing umat-umatnya ke jalan yang benar dengan berbuat baik terhadap sesama. Sehingga, saya menyadari perbedaan-perbedaan tersebut tidak perlu diperdebatkan. karena apabila diperdebatkan, hanya akan timbul cekcok dan masalah.

Saya menyarankan untuk mencari kebenaran dari kitab suci sedalam dalamnya dan tidak mudah untuk percaya terhadap isu-isu negatif

 

About satriahanafi

Mahasiswa Universitas Bina Nusantara yang selalu berusaha maksimal, demi hasil yang maksimal.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *